Segudang Manfaat Kayu Ulin Untuk Konstruksi

Kayu Ulin(Eusiderroxylonzwageri)atau lebih dikenal dengan kayu besi yang beasal dari jenis pohon ulin. Kayu besi ini merupakan flora yang endemik untuk pulau Kalimantan. Kayu ulin yang merupakan sebuah harmoni alam dengan memiliki kegunaan serta bisa ditemukan di pulau Kalimantan. Kayu khas dari daerah Kalimantan ini semakin dicari – cari oleh sejumlah orang dari luar Kalimantan. Kayu ulin ini termasuk jenis pohon dengan ukuran besar tingginya mencapai hingga 50m, kemudian memiliki diameter 120cm. Kayu yang dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi dalam pembangunan ini tumbuh pada dataran rendah 400 m dari permukaan laut. Kayu besi ini tahan dengan perubahan suhu serta pengaruh air laut. Dengan demikian sifat kayu ulin ini sangat berat dan keras. Pada bagian bawah kayu ulin terdapat bagian yang berlubang sehingga lebih sedikit berbeda dengan kayu jenis lainnya yang dikelilingi jalur melingkar.

Kayu Ulinmemiliki ciri fisik yang baik keras dan kuat sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai material dalam proses pembangunan. Dengan sifat keras dan kuat inilah kayu besi ini mampu bertahan pada daerah berair serta tidak mudah dimakan oleh rayap. Sehingga banyak orang yang lebih memilih kayu ulin sebagai bahan konstruksi dalam pembangunan. Kegunaan utama pohon ulin adalah pemanfaatan kayunya untuk beragam kebutuhan konstruksi dalam suatu pembangunan, baik itu rumah atau jembatan didaerah Kalimantan. Keawetan kayu ulin yang dijadikan sebagai bahan konstruksi tidak perlu diragukan lagi. Karena kayu ulin ini mampu bertahan sampai ratusan tahun lamanya tanpa mengalami kerusakan baik itu serangan rayap maupun busuk jika terlalu lama terkena air. Salah satu pemanfaatan yang cukup menonjol dari kayu ulin didalam keseharian masyrakat Kalimantan adalah sebagai bahan konstruksi utama dalam membangun rumah mereka. Kayu ulin menjadi bahan utama yang dibutuhkan masyarakat Kalimantan dalam membangun rumah panggung. Konstruksi rumah panggung ini tidaklepas dari kondisi geografis karena sudah menjadi rumah adat daerah Kalimantan. Menjadi salah satu ciri rumah Banjar atau rumah panggung adalah pemukiman yang berada ditepi sungai sehingga sering digenangi air. Mereka memilih kayu ulin sebagai konstruksi rumahnya karena tidak mudah rusak meskipun digenangi air, karena mampu bertahan lebih lama.

Sehingga sampai saat ini Kayu Ulinmemiliki patokan harga yang tinggi. Bangunan fisik yang terbuat dari konstruksi berbahan kayu ulin terbukti lebih bertahan lama dari kayu mahoni. Kayu ulin ini memiliki harga mahal karena habitat utamanya hanya berada didaerah Kalimantan saja. Terdapat di pulau yang memiliki seribu kekayaan alam kayu besi ini semakin dimanfaatkan dalam berbagai hal. Sebagai konstruksi rumah tiang, maupun sebagai koridor serta beberapa kegunaan lainnya.

Add Comment Add yours ↓

Your Comment