Kayu Mindi Sangat Baik Untuk Bahan Interior

Kayu Mindi( Melia aezedarach)ang berasal dari China yang saat ini pertumbuhannya sudah tersebar luas didaerah Asia. Pohon mindi merupakan pohon bercabang dan memiliki kulit berwarna coklat tua. Batang pada pohon mindi berbentuk silindris dan tidak memilikibanir. Kemudian kulit batangnya berwarna abu – abu coklat beralur dan membentuk garis – garis bersisik. Tanaman berkayu ini bisa tumbuh mencapai tinggi 10 sampai dengan 20 meter dan berdiameter 60 cm. Kayu mindi memiliki daun majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling dengan panjang 20 sampai 80 cm. Memiliki bunga yang majemuk keluar dari ketiak daun dengan panjang 10 – 20 cm. Kemudian buah pada kayu mindi berjenis buah batu berbentuk bulat yang beridameter 1,5 cm.

Kayu Mindimerupakan tumbuhan yang cepat tumbuh dalam waktu 2 tahun mampu mencapai tinggi 4 sampai 5 meter. Pohon mindi menjadi salah satu pohon pelindung yang sering ditanam di pinggir jalan. Bahkan tidak jarang jika kayu mindi tumbuh sebagai pohon liar yang bertempatan di pinggir pantai karena bisa tumbuh didataran rendah 1.100 meter diatas permukaan laut. Kemudian kayu mindimemiliki manfaat yang membantu beberapa kebutuhan manusia. Kayu mindi umumnya diolah menjadi beberapa furniture seperti meja, almari. Namun harga kayu mindi di pasaran lebih rendah daripada kayu mahoni karena memiliki mutu yang lebih rendah. Kayu mahoni lebih awet dan kuat daripada kayu mindi. Namun jika dibandingkan dengan kayu jati tetap lebih bermutu kayu jati karena memasuki kategori kelas satu untuk tanaman berkualitas tinggi. Dengan demikian interior maupun furniture yang terbuat dari kayu jati memiliki harga sangat mahal. Beberapa masyarakat kalangan menengah lebih memilih interior atau furniture yang terbuat dari kayu mindi karena memiliki harga lebih rendah. Bukan berarti tidak bermutu tergantung dengan perawatannya saja. Sehingga jika memilih kayu mindi sebagai bahan sebuah furnitur lakukan fermentasi terlebih dahulu supaya kayu tersebut tidak mudah diserang oleh jamur pelapuk maupun rayap.

Tidak hanya sebagai bahan interior rumah kulit dari akar Kayu Mindimemiliki manfaat untuk kesehatan. Siapa sangat jika tumbuhan sebagai pelindung ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Akar dari kulit kayu mindi ini mampu mengatasi hipertensi dan cacingan. Namun, perlu diketahui dalam penggunaannya sebagai obat karena mengandung racun sehingga jika terjadi overdosis akan berakibat muntah secara berkepanjangan. Sehingga pohon ini memiliki manfaat yang membantu kehidupan manusia. Kemudahan dalam pemeliharaan tanaman mindi sering menjadi pilihan beberapa masyarakat sebagai pohon pelindung dipinggir jalan ataupun dibelakang rumah. Keberadaan kayu mindi yang sudah tersebar luas ditanah air memudahkan masyarakat Indonesia untuk melestarikan dan dimanfaatkan sebagai obat dan beberapa furniture.

Add Comment Add yours ↓

Your Comment