Berbagai Manfaat Kayu Kelapa Untuk Bahan Bangunan

Kayu Kelapa(CocosNucifera L )merupakan anggita tunggal dalam marga cocos dari suku arecaceae. Tanaman ini sangat bermanfaat dari bagian akar hingga ujungnya. Tidak hanya kayunya saja yang bermanfaat buah, daun, bunga, lidi, kulit kelapa, hingga sabut kelapa memiliki manfaat sendiri – sendiri. Tanaman kelapa berasal dari Samudera Hindia tepat disisi Asia, akan tetapi saat ini pertumbuhannya sudah tersebar di seluruh pantai tropika dunia. Pohon kelapa bisa tumbuh hingga mencapai 15 sampai 40 meter dengan diameter batang 0,25 – 0,40 m. Pertumbuhan batangnya lurus keatas serta tidak bercabang karena tumbuhan ini merupakan tumbuhan berakar tunggal atau monokotil. Tumbuhan monokotil memiliki akar serabut kemudian memiliki titik tumbuh yang merupakan jaringan meristem berfungsi untuk pembentukan daun serta bunga dan batang daun.

Kayu Kelapabermanfaat sebagai bahan bangunan yaitu dijadikan sebagai lantai rumah bagi masyarakat yang menggunakan rumah panggung. Kayu dari kelapa ini disebut dengan glugu dan menjadi pilihan masyarakat menengah sebagai papan rumah yang nantinya dijadikan sebagai tembok sebelum mereka mampu membangun tembok dari batako maupun batu bata. Kayu kelapa ini tidak mudah dimakan rayap karena memiliki serat – serat yang cukup keras. Sehingga kayu kelapa bisa dijadikan sebagai bahan bangunan rumah baik papan rumah maupun lantai rumah. Buah dari tanaman kelapa juga memiliki seribu manfaat untuk kehidupan. Buahnya yang sudah tuabisa diparut untuk diambil santannya sebagai kuah masakan, maupun es campur kolak, dan bahan tambahan dalam pembuatan kue sedangkan buahnya muda bisa dijadikan sebagai minuman disebut dengan es degan. Selanjutnya daun dari kayu kelapa yang sudah juga bisa dimanfaatkan sebagai atap ataupun sebuah naungan. Kemudian daun yang masih muda disebut dengan janur bisa digunakan sebagai ketupat maupun lainnya bagi kepentingan umat hindu. Selain itu lidi dari daun kelapa bisa dihimpun dan dimanfaatkan sebagai sapu. Tidak hanya kayu, daun dan buahnya yang bermanfaat namun bunganya juga memiliki manfaat. Manggar adalah bunga kelapa yang bisa dimanfaatkan sebagai sayuran pengganti gori dalam masakkan gudeg.

Kayu Kelapatidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan rumah namun juga bermanfaat untuk perabotan rumah tangga. Kayu kelapa bisa diolah menjadi perabotan rumah tangga seperti meja kursi maupun almari. Perlu diketahui juga sabut kelapa juga bermanfaat sebagai bahan anyaman keset ataupun sebagai materi pengisi dalam pembuatan kursi maupun jok. Kemudian tempurung kelapa atau bathok juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan tangan yang dibentuk sesuai dengan kreasi pengrajin. Kayu kelapa memang sudah lama digunakan sebagai bahan bangunan dan terbukti mampu bertahan cukup lama karena tahan dengan serangan rayap maupun jamur pelapuk.

Add Comment Add yours ↓

Your Comment