Kegunaan Kayu Cendana Sangat Baik Untuk Rempah – Rempah

Kayu Cendana(Santalum Album L)adalah tanaman yang memiliki aroma wangi dan mengandung minyak. Kayu dari pohon cendana ini dimanfaatkan sebagai rempah – rempah seperti aroma terapi, sangkur keris, bahan parfum dan bahan dupa. Pohon cendana memiliki ukuran batang dari kecil hingga besar dengan tinggi yang mencapai 20 m dan memiliki diameter 40cm. Tanaman penghasil minyak dengan aroma wangi ini sering menggugurkan daunnya. Kulit pada pohon cendana berwarna coklat tua dan kasar. Kemudian batang pada pohon cendana memiliki aroma wangi yang khas. Cendana bisa tumbuh dan beradaptasi dengan baik pada tanah berkapur dengan ketinggian 1.200 m diatas permukaan laut. Cendana ini termasuk tumbuhan setengah parasit (hemiparasit) pada sebagian tahap perkembangannya. Diawal masa pertumbuhannya kecambah dari pohon cendana membutuhkan pohon inang untuk membantu pertumbuhannya. Kayu cendana berasal dari daerah Mysoram ini dianggap memiliki mutu bagus bagi masyarakat secara luas.

Kayu Cendana merupakan pohon yang selalu hijau dengan batang lurus serta bulat tanpa alur. Selain menghasilkan minyak kayu cendana juga dimanfaatkan sebagai bahan ukiran yang menimbulkan kesan lebih eksotis ditambah dengan aroma wangi khas kayu cendana. Selain bermanfaat sebagai bahan baku parfum maupun dupa cendana juga bermanfaat sebagai kesehatan kulit yaitu untuk menghilangkan jerawat. Tanaman cendana mampuberbunga cepat pada tahun ke 3 sampai ke 4 sudah mulai berbuah. Bunganya hemaprodite yang berbentuk tabung dan mempunyai 4 sampai 5 lidah terlepas dari satu sama lain. Bagi umat budha dan hindu kayu cendana menjadi alternatif untuk membawa orang supaya lebih dekat dengan Tuhan. Karena tumbuhan ini hemiparasit atau tidak bisa berkembang dengan baik tanpa tumbuhan lain membuat tanaman ini sulit untuk dibudidayakan, sehingga keberadaan pohon cendana sangatlah langka tidak sebanyak pohon jati yang tumbuh hampir diseluruh wilayah tanah air.

Kayu Cendana saat ini semakin langka sehingga harga juga sangat mahal. Di Indonesia kayu cendana memiliki harga yang sangat mahal. Konon katanyadinegara Sri Lanka kayu ini bisa digunakan untuk membalsam jenazah putri – putri raja sejak abad ke 9. Diwilayah Indonesia kayu cendana bisa ditemukan di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Timor, walaupun saat ini sudah ditemukan juga di Pulau Jawa serta Pulau Nusa Tenggara lainnya. Sebagai gantinya beberapa pakar pembuat parfum memilih kayu cendana berjenis cendana jenggi sebagai bahan baku dalam pembuatan parfum dan aroma terapi. Minyak dasar kayu cendana sangat mahal dalam bentuknya yang murni sehingga harganya sangat melecit tinggi. Minyak murni ini bermanfaat untuk penyembuhan cara Ayuverda serta bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa cemas karena aromanya harum menenangkan.

Add Comment Add yours ↓

Your Comment