Belajar Bisnis Kayu Gaharu yang Menguntungkan

Bisnis Kayu Gaharu sangat menguntungkan sebagai jaminan penghasilan dimasa yang akan datang. Gaharu (AquilqriaMalaccenis L) merupakan tumbuhan yang mampu mencapai ketinggian sampai 40 m dengan diameter batang pohon 60cm. Batang pohon gaharu lurus tidak berbanir dan kulit batangnya berwarna coklat keputihan. Tanaman gaharu sudah tersebar di beberapa daerah ditanah air seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Terdapat beberapa jenis pohon penghasil gaharu yang sebagian besar masuk dalam familyThemeleaceae dari genus gyrinops dan genus dan mampu menghasilkan gubal gaharu dengan kualitas baik sehingga mempunyai harga jual tinggi. Kayu gaharu mempunyai suatu kandungan dammar wangi atau resin yang mampu mengeluarkan aroma dengan kewangian yang khas sehingga selalu mempunyai nilai harga jual tinggi.

Melakukan bisnis Kayu Gaharu yang mempunyai prospek bagus karena gaharu sebagai bahan baku dalam produk wewangian. Gaharu dibutuhkan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan parfum, dupa, kosmetika, obat – obatan, pengawet aksesoris yang digunakan untuk keperluan keagamaan. Bagi pemuluk agama budha dan hindu sudah tidak asing dengan aroma wangi gaharu yang khas karena selalu menggunakan dupa pada saat sembahyang. Gaharu dapat dipanen ketika pohon sudah berusia minimal lima tahun dalam bisnis ini harus menunggu selama lima tahun untuk membuahkan hasil. Dipanen dengan cara yang tradisional tanpa harus menebang pohon jadi hanya mengambil gaharunya saja dengan cara tradisional ini yang akan menjamin kelestarian pohon induk. Pohon Gaharu memiliki banyak manfaat sehingga harus dilestarikan dengan menanam pohon kembali pada lahan – lahan yang kosong. Namun, penanaman pohon Gaharu tidaklah mudah membutuhkan perawatan khusus karena jika terjadi perawatan yang salah akan menyebabkan pohon Gaharu mati. Cara perawatannya yang sulit inilah membuat kayu wangi tersebut memiliki harga mahal. Sehingga dalam berbisnis kayu Gaharu dibutuhkan ketrampilan khusus dimana seseorang bisa memelihara dengan merawat tanaman tersebut tumbuh subur dan mampu meminimalisirresiko kerugian.

Penanaman dan perawatan jenis pohon gaharu yang tidak mudah karena rentan terjadi kematian, menjadi kelemahan dalam bisnis Kayu Gaharu. Namun , kesulitan dalam perawatan gaharu sesuai dengan jumlah penghasilan yang akan dikantongi. Dalam pemanenan satu pohon gaharu bisa mempunyai nilai jual yang tinggi berkisar hingga 5 juta rupiah. Bisa dibayangkan jika dalam jangka waktu lima tahun menanam gaharu 50 pohon keuntungan yang diperoleh sungguh besar. Tetapi dalam pembelian bibit pohon Gaharu juga mempunyai harga mahal jadi tinggal dibandingkan antara jumlah modal dan jumlah pemasukan yang anda terima. Namun, untuk saat ini gaharu yang mempunyai kualitas bagus sulit ditemukan karena banyaknya pohon gaharu yang ditebang habis oleh pemburu liar tanpa berfikir untuk menanamnya lagi. Kelangkaan jenis pohon gaharu inilah yang membuat harganya semakin melecit tinggi.

Add Comment Add yours ↓

Your Comment